Apa Manfaat Mempelajari & Melaksanakan Al Qur'an?

"Qaaf. Demi Al Qur'an yang sangat mulia"

Apa Manfaat Mempelajari & Melaksanakan Al Qur'an?

Dengan mempelajari dan melaksanakan Al Qur'an akan mendapatkan kemuliaan dari ALLAH

Demi Al Qur'an yang sangat mulia (QS. 50:1)

Sesungguhnya telah kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. Maka apakah kamu tiada memahaminya (QS. 21:10)

Dan sesungguhnya Al Qur'an itu benar-benar adalah suatu kemuliaan besar bagimu dan bagi kaummu dan kelak kamu akan diminta pertanggungjawaban. (QS. 43:44)

Dengan mempelajari dan melaksanakan Al Qur'an akan diSUCIkan ALLAH

sesungguhnya Al Qur'an ini adalah bacaan yang sangat mulia (QS. 56:77)

pada kitab yang terpelihara (Lauhul Mahfuzh), (QS. 56:78)

tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan. (QS. 56:79)

Dengan mempelajari dan melaksanakan Al Qur'an akan ditunjukan jalan keselamatan dan mengeluarkan manusia dari jalan yang gelap gulita (kebodohan) kepada cahaya terang benderang


Al Qur'an
Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus. (QS. 5:16)

Alif, laam raa. (Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan mereka, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji (QS. 14:1)

Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman. (QS. 33:43)

Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Qur'an) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al-Kitab (Al Qur'an) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Qur'an itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang Kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus (QS. 45:52)

(Yaitu) jalan yang kepunyaan-Nya segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Ingatlah, bahwa kepada Allah-lah kembali semua urusan. (QS. : 42:53)

Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu, (Muhammad dengan mukjizatnya) dan telah kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al Qur'an). (QS. 4:174)

Dengan mempelajari dan melaksanakan Al Qur'an akan diberikan kemudahan hidup dan kelapangan dada


Kami tidak menurunkan Al Qur'an ini  kepadamu agar kamu menjadi susah, (QS. 20:2)

Ini adalah sebuah kitab yang diturunkan kepadamu, maka janganlah ada kesempitan di dalam dadamu karenanya, supaya kamu memberi peringatan dengan kitab itu (kepada orang kafir), dan menjadi pelajaran bagi orang-orang yang beriman. (QS. 7:2)

Dengan mempelajari dan melaksanakan Al Qur'an adalah sebagai alat atau perantara berkomunikasi atau berkata-kata dengan Allah agar kita bisa mengetahui dan memhami segala kehendak-Nya terhadap manusia selama hidup di muka bumi.

Dan tidak ada bagi seorang manusiapun bahwa Allah berkata-kata dengan dia kecuali dengan perantara atau di belakang tabir atau dengan mengutus seorang utusan (malaikat) lalu diwahyukan kepadanya dengan seizin-Nya apa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Maha Tinggi lagi Maha Bijaksana. (QS. 42:51)

Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Qur'an) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah  Al Kitab (Al Qur'an) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi kami menjadikan Al Qur'an itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang Kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus. (QS. 42:52)

(Yaitu) jalan Allah yang kepunyaan-Nya segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Ingatlah, bahwa kepada Allah-lah kembali semua urusan. (QS. 42:53)

Saya ucapkan terimakasih banya untuk Bapak Amin Sumawijaya, S.Ag. yang telah memberikan izin kapada Saya.

Apa Manfaat Mempelajari & Melaksanakan Al Qur'an? Apabila ada pertanyaan mari kita berdiskusi bersama, "saya disini hanya membuat catatan". Mohon maaf  & Terimakasih sebelumnya.